Flash Speedlight

Saat tepat menggunakan Flash Speedlight

10:08:00

Sebelumnya kita sudah membahas tentang macam-macam lampu kilat yang ada, yaitu Flash-Speedlight yang built-in kamera atau menjadi satu dengan body kamera dan Flash-Speedlight terpisah atau eksternal. Keduanya mempunyai temperatur warna yang sama yaitu kisaran 5.600 Kelvin, namun berbeda dalam kekuatan cahaya yang sering disebut dengan Guide Number atau GN. Tentu kekuatan Flash-Speedlight akan semakin melemah bila jarak dari Flash-Speedlight terhadap objek semakin menjauh.

Kekuatan cahaya dari Flash-Speedlight diatur dengan dua cara yaitu auto dan manual. Pada kamera yang bekerja otomatis. Shutter speed kamera saat kita menggunakan lampu Flash-Speedlight umumnya adalah 1/60 detik. Apabila hasil foto dengan Flash-Speedlight ternyata kurang memuaskan entah itu under atau over eksposur, cek apakah di kamera anda ada fasilitas untuk mengkompensasi kekuatan cahaya Flash-Speedlight. Bila ada, kita dapat mengatur kekuatan cahaya tersebut.

Siang Hari

pict by Angela studio

Pada saat kita memotret di siang hari terkadang juga membutuhkan cahaya tambahan dari flash atau lampu kilat. Tujuannya adalah untuk memberikan keseimbangan kekuatan cahaya atau kontras, trik ini sering di sebut dengan teknik fiill-in Flash, digunakan saat latar belakang objek mempunyai intensitas cahaya yang lebih kuat yang membuat objek jadi gelap saat di foto, dengan teknik ini lampu kilat akan menerangi objek, tanpa mempengaruhi cahaya yang ada di belakang objek.

Seperti saat kita memotret pemandangan dan ingin tetap menampilkan awan yang berwarna biru, biasanya kita menurunkan nilai eksposur EV kearah minus hingga langit tetap biru, tapi seringkali objek jadi gelap, untuk mengatasi hal tersebut gunakan teknik fill-in flash ini, pastikan pula jarak objek dalam range lampu flash kita.

Bila menggunakan mode Manual, lakukan hal ini :
  • set shutter di nilai 1kali panjang fokal length contoh anda memakai lensa 200mm maka buat speed di 1/200 detik)
  • atur diafragma hingga light meter sampai pada nilai under (bisa 1 Ev)
  • atur fokus supaya mengunci di obyek.
  • ambil foto dengan fill-in Flash-Speedlight
Malam Hari 

pict by Angela studio

Sering saat memotret malam hari kita walau sudah menggunakan lampu Flash, gambar yang didapat hanya objeknya saja yang terang, sedang lingkungan sekitar tetap gelap, tentu hal ini membuat foto kita kurang natural, karena tidak mampu merekam lingkungan sang objek, hal ini lebih karena saat menggunakan lampu Flash kamera kita di setting dengan angka default pada speed 1/60 detik. Jadi untuk menghasilkan foto yangs sesuai keinginan kita, kita harus mengambil foto dengan speed rendah tapi tetap meggunkan lampu Flash tapi tidak boleh sampai over eksposur.

Untuk itu gunakan mode flash slow-sync Flash, dengan menggunakan mode ini kita dapat menggabungakan speed yang rendah bersama lampu flash. Tapi ada bebrapa hal yang perlu di perhatikan saat menggunakan mode ini, slow sync artinya memakai shutter speed rendah kisaran 1/4 detik hingga 1/30 detik, maka tangan kita rentan bergerak saat melakukan pemotretan aktifkan stabilizer atau gunakan tripod untuk mengurangi getaran tersebut. Bila kita memotret objek yang bergerak usahakan sang objek tidak bergerak sampai lampu Flash menyala, agar hasil tetap bagus. Usahakan pula untuk mencari latar belakang dengan cahaya yang menarik seperti deretan lampu jalan atau lampu toko, ini untuk menambahkan kesan natural.

Ada pula mode lain dari lampu Flash yaitu rear sync, biasa digukan untuk merekam jejak gerakan objek, ada dua menu di dalamnya. Pertama Front Sync adalah lampu Flash akan menyala sesaat setelah tombol ditekan dan shutter terbuka dan menu Rear Sync adalah kondisi sebaliknya, lampu Flash akan menyala sesaat menjelang shutter ditutup. Mungkin kedua mode ini hampir menghasilkan foto yang sama, tapi pada penggunaan speed yang rendah akan terlihat hasil yang berbeda. Pada menu Rear Sync flash akan menyala saat shutter menutup ini memberikan waktu pada objek untuk menerima cahaya sehingga kamera mampu merekam gerakan objek, hal ini akan menghasilkan gambar yang lebih fantastis.


.

085740855573

Artikel menarik lainya

2 komentar

  1. asik neh buat tambah refrensi soal flash

    ReplyDelete