Flash Speedlight

GN atau Guide Number pada Flash

10:16:00

GN adalah satuan kekuatan lampu Flash-speedlight dalam menerangi objek, semakin besar angka GN pada flash tentu semakin kuat pula cahaya yang dihasilkan. Untuk Flash eksternal biasanya memiliki GN yang lebih besar antara 32-80. Kemampuan Flash dalam memberikan cahaya buatan tentu sangat di butuhkan terlebih saat kita memotret dalam ruangan yang cukup lebar, dimana jarak kamera dengan objek cukup jauh tentu GN yang besar menjadi sangat dibutuhkan.


GN (guide number) : Aperture (f) = Jarak (meter)

GN (guide number) : Jarak (meter) = Aperture (f)

Jarak (meter) X Aperture (f) = GN (Guide number)

Rumus ini hanya berlaku untuk lampu flash yang mengarah langsung ke objek dan tidak menggunakan aksesoris tambahan seperti payung reflector, diffuser atau saat kita menggunakan teknik bouncing flash atau mengarahkan flash ke langit-langit ruangan.
Dengan mengetahui GN dan cara menghitungnya kita bisa mengetahui seberapa jauh flash kita mampu menjangkau objek, atau kita jadi bisa mengetahui setting kamera yang sesuai saat kita menggunakan flash. Dari contoh diatas bila kita menggunakan flash dengan GN 32 dan Aperture F/8 maka jarak ideal dari flash ke objek adalah 4 meter, semakin menjauh dari jarak tersebut objek akan terlihat semakin gelap. Bila kita hanya memiliki flash dengan GN kecil dan kita akan mengambil foto diluar jangkauan flash kita bisa menambahkan ISO, contoh dari ISO 100 ke ISO 200 akan meningkatkan flash 1.4 kali lipat, dan dari ISO 100 ke ISO 400 akan menambahkan GN 2 kali lipat, begitu seterusnya.

085740855573

Artikel menarik lainya

0 komentar