Flash Speedlight

Teknik Flash

14:20:00



Bouncing Teknik
pict by Angela studio

Adalah Teknik memantulkan arah lampu kilat ke arah langit-langit ruangan, atau tempat yang mempunyai langit-langit, untuk teknik ini diperlukan sebuah lampu flash ekternal. Dengan memantulkan arah cahaya lampu flash ke arah langit-langit diharapkan arah jatuhnya cahaya ke objek jauh lebih merata dan lebih lembut. Yang perlu diperhatikan saat menggunakan teknik ini adalah seberapa tinggi langit-langit yang akan kita gunakan untuk memantulkan lampu flash ini apakah range atau kemampuan jarak lampu flash kita masih mampu memberikan sinar balik yang cukup buat objek kita. Menurut saya teknik ini bukan hanya mengarahkan lampu flash kearah atas atau langit-langit sebuah ruangan bisa juga arah flash dipantulkan ke tembok sehingga arah cahaya bisa datang dari samping objek, hal ini sering menghasilkan bayangan lembut yang cukup dramatis pada foto kita. Teruslah berekperimen dengan teknik ini utnuk mengahsilkan foto sesuai selera kita.

Strobist Teknik
 
pict by Angela studio

Teknik ini seperti memindahkan studio foto ke luar ruangan, jadi kita menggunakan perangkat studio tapi bukan di dalam studio. Teknik ini bisa menggunakan lampu studio ataupun Flash-Speedlihgt secara terpisah dan biasanya menggunakan beberapa lampu studio atau flash untuk menghasilkan arah cahaya yang berbeda, walau ada juga yang hanya menggunakan satu lampu, bisa juga di tambah dengan bantuan alat lain seperti reflector, softbox, umbrella transparent dan sebagainya. Selain itu kita juga harus menggunakan kamera yang mempunyai mode wireless, namun bila kamera kita tidak mempunyai mode ini kita bisa menggunakan wireless trigger beserta receivernya.
Dengan teknik strobist ini membuat kita bisa lebih banyak bermain dengan arah cahaya beserta kekuatanya dalam membuat selembar foto yang menarik, teknik ini sering di gunakan dalam foto prewed di luar ruangan, dan hasilnya bisa sangat bagus tentunya tetap dengan konsep yang memang sudah menarik.


Fill-in Teknik

pict by Angela studio

Teknik ini digunakan untuk memberikan cahaya pada objek saat latar belakang objek mempunyai intensitas cahaya yang cukup tinggi, jadi saat kita mengambil foto tanpa menggunakan teknik ini objek jadi terlihat gelap dan latar belakang menjadi over eksposur. Dengan pengaturan spot metering yang tepat ke objek maka kecerahan gambar akan seimbang dengan kecerahan background.



flash pict by google

085740855573

Artikel menarik lainya

0 komentar