Flash Speedlight

Aksesoris Flash atau lampu studio

14:00:00

Berikut kami mencoba membahas tentang peralatan tambahan saat kita menggunakan lampu Flash-speedlight ataupun lampu studio, Saat ini sudah banyak perusahaan yang membuat alat tambahan ini, dari mulai kelas murah sampai yang mahal.

Umbrella Reflector
Atau Payung Pemantul biasanya bagian luar berwarna hitam dan bagian dalam berwarna silver atau gold yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari lampu flash ke objek sehingga cahaya yang jatuh tidak terlalu keras dan merata.

Payung Transparan
Memiliki fungsi untuk menyaring cahaya sebelum sampai ke objek, hanya saja cahaya yang dihasilkan lebih lunak, merata, dan lembut, dan payung terbuat dari bahan transparan jadi sinar bukan dipantulkan tapi dihalangi oleh payung sebelum sampai ke objek, ini membuat kekuatan cahaya berkurang dan merata kearah objek.

Modelling Lamp
 
Lampu ini termasuk dalam continues lamp atau lampu yang menyala terus sampai kita menekan trigger baru mati untuk di gantikan dengan flash. Lampu ini berfungsi membantu kita untuk melihat arah jatuhnya cahaya ke obyek dan seberapa banyak objek terkena cahaya, bisanya lampu ini ada pada lampu studio.

Standar Reflektor

 Alat ini ada yang berbentuk bundar dan oval, terdiri dari beberapa lapisan , seperti Silver, Emas, Transparan, fungsinya mengarahkan sinar ke obyek. Cahaya yang dihasilkan sangat kuat tapi dengan sudut pantulan yang terbatas yang terbatas.

Softbox

Mempunyai fungsi untuk membuat cahaya menjadi lebih lembut, ada beberapa ukuran dari yang kecil sampai yang besar, biasanya bagian luar berwarna hitam dan bagian dalam berwarna putih, dengan bagian depan mempunyai pelapis yang bisa di lepas.

Honeycomb

 Sering di sebut Lobang Tawon, berfungsi untuk memusatkan sudut penyinaran atau mempersempit area cahaya. Biasanya digunakan untuk penyinaran pada bagian-bagian tertentu, cahaya yang keluar masih cukup kuat tergantung besarnya lobang-lobangnya.

Snoot

Hampir sama dengan honeycomb, namun sifat cahaya yang dihasilkan lebih sempit dan kecil. Biasanya digunakan untuk hairlight. Cocok untuk memunculkan karakter obyek. Kekuatan cahaya akan turun.

Barndoor
 
Alat ini membuat cahaya bisa lebih terarah pada bagian obyek yang diinginkan dan tidak menggangu bagian lainnya. Dan juga berfungsi untuk menghilangkan efek flare atau kabut saat kamera berhadapan dengan lampu.

pict by Google

085740855573

Artikel menarik lainya

0 komentar