Genre Fotografi

Genre Fotografi

11:10:00

Berikut beberapa genre dalam fotografi ...

Macro Photography : Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskop. Fotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya. Untuk fotografi makro, lensa makro adalah pilihan yang tepat. Lensa tipe ini biasanya memiliki perbesaran 1:1 atau bahkan lebih. Namun sayang, lensa makro identik dengan harga yang mahal. Oleh karena itu, anda dapat menggunakan alternatif lain seperti menggunakan extension tube, reverse ring atau filter close up. Berikut adalah cara cara yang dapat ditempuh untuk mendapatkan foto makro dengan biaya yang murah.

Still Life Photography : Mengambil gambar benda mati sehari-hari secara artistik dengan mengunakan cahaya pembantu ataupun cahaya langsung dari sinar matahari. Genre ini membuat benda mati menjadi sangat menarik dan terkesan mewah. 

Toys Photography : Ini adalah genre fotografi tentang seni memotret mainan (action figures), biasanya mainan tersebut diatur sedemikian rupa, hingga dapat menggambarkan kejadian yang diinginkan dan biasanya juga hasil foto ini diedit supaya terlihat nyata. Walau mungkin masih belum banyak penggemarnya di Indonesia, tapi Indonesia mempunya seorang tokoh yang ahli dalam genre ini, adalah Seno Haryo, yang mendapatkan rekor MURI sebagai pemrakarsa pameran foto mainan pertama di Indonesia dengan pameran foto Star Wars-nya. Seno sendiri merupakan lulusan dari program animasi IDS.

Journalism Photography :
sesuai namanya Photo Journalism adalah bentuk khusus dari jurnalisme (pewartaan) yang menciptakan gambar agar dapat menggambarkan sebuah kejadian berita, genre ini biasanya memerlukan fotografer yang handal yang dapat menangkap suatu kejadian dengan emosi yangn sesungguhnya dan harus sesuai dengan peristiwa aslinya. Genre ini  mengabdikan dirinya pada suatu media berita.

Potrait
Photography : Potret fotografi atau potret adalah mengambil gambar dengan dominan wajah. Foto ini bertujuan untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan perasaan objek. Genre ini biasanya mengambil wajah manusia, tapi menurut saya wajah binatang atau mahluk hidup juga bisa kita jadikan objek foto dengan genre ini.

Wedding Photography : Genre ini sekarang sangat populer di masyarakat kita, baik saat perayaan atau sebelum perayaan dari pernikahan tersebut. Genre ini menampilkan sisi lain arti sebuah pesta pernikahan ataupun sebelum pernikahan, dimana kedua mempelai bersatu dalam sebuah bingkai foto. Tujuan utama genre ini adalah menampilkan moment yang indah dalam pernikahan.

Fashion Photography :
adalah genre fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya.

Food Photography : Biasanya digunakan untuk membuat sebuah foto makanan atau kemasan suatu produk, untuk genre ini dibutuhkan peralatan yang cukup memadai dan biasanya di lakukan di dalam studio foto. Genre ini lebih banyak untuk keperluan iklan sebuah produk, agar konsumen bisa menangkap isi dan materi dari sebuah produk.

Fine Art Photography : Fotografi tipe ini bertujuan untuk menangkap visi dari suatu karya seni. Biasanya tipe ini banyak ditemukan pada pameran dan museum.


Landscape Photography :ini adalah genre di mana hasil dari foto ini memuat sebuah daratan dengan keindahannya atau lebih sering kita melihat hasil foto berupa hamparan pemandangan yang luas. Dibutuhkan kejelian dan waktu yang pas untuk pengambilannya.


Wildlife Photography :
genre ini adalah pengambilan foto di alam liar, hasil dari foto ini bisa berupa hewan dengan latar alam liar yang asli. Dibutuhkan kejelian dan keahlian menguasai medan yang mungkin masih sangat rawan karena berada di alam liar.

Street Photography : Genre ini mengambil foto di jalanan, tapi berbeda dengan foto jurnalistik. Genre ini mengambil moment moment yang tepat dan klimak di jalanan. Kemampuan menangkap objek dengan moment yang tidak mungkin diulang membuat kita harus jeli dalam melihat objek.

Underwater Photography : Underwater photography yang dalam bahasa Indonesia berarti fotografi bawah air bertujuan untuk mendapatkan kehidupan bawah laut ke permukaan. Banyak orang yang tertarik tentang apa yang terjadi di bawah air dan fakta-fakta yang melingkupinya.Ada 2 aliran fotografi underwater secara umum, yaitu Macro Photographer dan Wide Angle photographer. Macro photographer adalah mereka para peminat objek – objek kecil , sedangkan Wide angle photography lebih memfocuskan diri untuk mengambil gambar sudut lebar terutama pemandangan bawah air.

Nb : kalau masih ada kekurangan bisa anda masukan di dalam kolom komentar kami akan melakukan revisi .... terima kasih

085740855573

Artikel menarik lainya

2 komentar